Cara Mengecek Penerima Bantuan Sosial (Bansos) PKH  3 Juta, pada Juli 2021

Cara Mengecek Penerima Bansos (Bantuan Sosial) PKH Juli 2021 – Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan cara untuk mengecek Bansos PKH. Seperti yang kita ketahui, Program Keluarga Harapan atau biasa disebut dengan PKH ini ialah program dalam pemberian bantuan sosial yang bersyarat kepada Keluarga Miskin. Yang tentunya ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat dari PKH tersebut.

Dilansir dari eform.bri.co.id bahwa, Bantuan Sosial (Bansos) yang telah diberikan Kementerian Sosial dengan melewati program Bantuan Langsung Tunai Program Keluarga Harapan (BLT PKH) ini nominalnya bisa mencapai 3 juta rupiah per tahunnya.

Namun, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga perlu memenuhi beberapa syarat khusus. Lantaran tak seluruh KPM bisa memperoleh dana bantuan senilai 3 juta rupiah tersebut.

 

Bantuan BLT PKH

Bantuan BLT PKH ini rencananya akan membidik 10 juta KPM. Bagi anda yang menginginkan untuk memperoleh BLT PKH tersebut, diantara syaratnya yaitu wajib terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah dikelola oleh Kemetrian Sosial.

Program bansos ini memiliki beberapa tujuan, sebagai berikut:

  1. Mengembangkan taraf hidup melewati layanan pendidikan, kesehatan, serta kesejahteraan sosial.
  2. Mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan penghasilan keluarga miskin dan rentan.
  3. Membuat perubahan perilaku serta kemandirian keluarga penerima manfaat pada saat mengakses layanan Kesehatan, Pendidikan dan kesejahteraan sosial.
  4. Mengurangi kemiskinan dan kesenjangan.
  5. Mengenalkan kegunaan produk dan jasa keuangan resmi kepada keluarga penerima manfaat.

Bantuan PKH tersebut nantinya akan diberikan kepada  kategori keluarga tertentu. Adapun kategorinya antara lain yakni,  keluarga yang mempunyai ibu hamil, lansia, anak usia dini, pelajar sekolah, dan penyandang disabilitas.

Namun tidak semua kategori tersebut bisa memperoleh mendapatkan 3 juta rupiah. Dikarenakan dalam pemberian bantuan ini diharapkan dapat diperoleh kepada keluarga yang benar-benar memerlukan bantuan. Bila anda termasuk dari kategori keluarga tersebut, anda bisa mengecek BLT PKH dengan cara berikut.

 

Cara mengecek BLT PKH

 

  1. Buka situs resmi dari Kemensos di link cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilihlah Provinsi, Kecamatan dan Desa dimana tempat tinggal anda.
  3. Ketik nama penerima sesuai dengan KTP.
  4. Masukkan 2 kata kode captcha. Bila kode captcha tidak jelas, klik saja icon “refresh”  untuk memperoleh kode yang baru.
  5. Lalu klik tombol cari.
  6. Bila data penerima BLT PKH sudah valid atau benar, maka nantinya akan terlihat tampilan seperti nama penerima bantuan, umur, jenis bantuan sosial yang diterima, serta status penyaluran bantuan sosial.
  7. Dana bantuan PKH bisa diperiksa lewat rekening masing-masing.

Penutup

Baiklah, seperti itu beberapa cara untuk mengecek BLT PKH. Menurut Portal Kudus, Program PKH ini merupakan sebagai salah satu kebijakan pemerintah untuk mempercepat pengentasan kemiskinan dan nantinya akan terus berlanjut. Lalu tunggu apalagi? Segera cek nama anda apakah sudah masuk dalam daftar penerima bansos tersebut.

Comments are closed.